Terima Kasih Anda Telah Berkunjung ke Blog ini. Silakan berkunjung di lain waktu

Senin, 18 Agustus 2014

MENYELESAIKAN INTEGRAL PARSIAL DENGAN TEKNIK TANZALIN

Posting berikut ini share masalah bagaimana kita menyelesaikan soal - soal integral yang tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan cara biasa dan cara substitusi. Jika persoalan ini kita coba namun tidak menemukan jawaban itu berasrti kita harus menyelesaikan persoalan integralnya dengan menggunakan cara integral parsial ( bagian demi bagian). Integral parsial dapat diselesaikan dengan cara panjang
 dengan menggunakan rumus:
, namun terkadang kita menemukan kesulitan dalam mengambil pemisalan u dan dv. Oleh karena itu ada satu teknik yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan masalah integral parsial ini dengan menggunakan teknik TANZALIN. Berikut ini beberapa contoh yang bisa kita jadikan sebagai acuan dalam menyelesaiakan integral parsial.
 Contoh 1.

Contoh 2.

Contoh 3.
Contoh 4.

Contoh 5.

saya kira teknik ini cukup sederhana dan mudah dipahami dalam menyelesaikan soal-soal integral parsial, namun sebelumnya kita harus memiliki dasar pengetahuan tentang TURUNAN (DERIVATIF) DAN INTEGRAL. (ANTI TURUNAN) karena kedua dasar pengetahuan ini yang berperan dalam teknik Tanzalin ini.   
Sebagai latihan silakan download soal-soal Kalkulus yang berkaitan dengan diferensial dan integral pada link berikut ini.
Semoga Postingan ini bermanfaat.

2 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan BANK

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Pesan Anda.