Terima Kasih Anda Telah Berkunjung ke Blog ini. Silakan berkunjung di lain waktu

Jumat, 14 April 2017

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. Pengertian PTK
Anda tentu sudah sering mendengar kata penelitian, yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris : research. Bagi sebahagian mahasiswa, terutama mereka yang mengambil program sarjana, penelitian merupakan kegiatan puncak dari studi mereka. Para Mahasiswa dituntut untuk mengembangkan wawasannya dengan cara melakukan pencaharian atau eksplorasi untuk menemukan jawaban dari masalah yang menjadi bidang kajiannya. Untuk melakukan pencaharian atau eksplorasi tersebut ada seperangkat aturan dan langkah yang harus diikutinya. Anda pasti sudah dapat menebak bahwa aturan dan langkah-langkah tersebut dikemas dalam satu perangkat yang disebut metode penelitian.
 Bertitik tolak dari uraian di atas, penelitian tindakan kelas merupakan satu penelitian pula, yang dengan sendirinya mempunyai berbagai aturan dan langkah yang harus diikuti. Penelitian tindakan kelas merupakan terjemahan dari Clasroom Action Research, yaitu Action Research yang dilakukan di kelas. Agar anda memiliki pengertian yang mantap tentang PTK, mari kita bahas makna PTK dari segi semantik (arti kata). Action Research, sesuai dengan arti katanya, diterjemahkan mennjadi penelitian tindakan; yang oleh Carr & kemmis (McNiff, 1991 didefinisikan sebagai berikut: Action researsh is a form of self reflective enquiry undertaken by participants (teacher, students, or principals, for example) in social (including educational) situations in order to improve the rationality and justice of (1) their own social or educational practices, (2) their understanding of these practices, and (3) the situations (and institutions) in which the practices are carried out. 
Jika kita cermati pengertian tersebut secara seksama, kita akan menemukan sejumlah ide pokok sebagai berikut:
  1. Penelitian tindakan adalah satu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melelui refleksi diri.
  2. Penelitian Tindakan dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti, seperti guru, siswa atau kepala sekolah.
  3. penelitian tindakan dilakukan dalam situasi sosial, termasuk situasi pendidikan.
  4. Tujuan Penelitian tindakan adalah memperbaiki: dasar pemikiran dan kapantasan dari praktik-praktik, pemahaman terhadap praktik tersebut, serta situasi atau lembaga tempat praktik tersebut dilaksanakan.
B.  Karakteristik PTK
  1. Adanya masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukannya selama ini di kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan.
  2. Self-Reflective inquiry, atau penelitian melalui refleksi diri, merupakan ciri-ciri PTK yang paling essensial. Berbeda dengan penelitian biasa yang mengumpulkan data dari lapangan atau objek atau tempat lain sebagai responden, maka PTK mempersyaratkan guru mengumpulkan data dari praktiknya sendiri melalui refleksi diri.
  3. Penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelas, sehingga fokus penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berupaperilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi.
  4. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap dan terus menerus, selama kegiatan penelitian dilakukan.

Ikuti Quiz Tes Uji Kompetensi Tugas Mandiri1 PTK
TUGAS MANDIRI 2 UJI KOMPETENSI PTK

Unduh Contoh PTK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Pesan Anda.